Cara Semai Benih Menjadi Bibit Pepaya Tercepat

Agro Buah sangat senang menemukan cara semai benih menjadi bibit pepaya tercepat. Dari penelitian dan eksperimen ini sebelumnya dengan berbagai cara bagaimana biji benih pepaya bisa segera kecambahkan kemudian di jadikan bibit pepaya siap tanam di poybag. Dibawah ini adalah sebagian pengalaman saya sebelum menjadi pengelola agro. 




  • UJI COBA KE 1

Semai benih menjadi bibit pepaya dulu di awal Tahun 2008 saya sebagai pemula menjadi pak tani pepaya memakai cara : biji benih pepaya direndam dengan air hangat kuku 12 jam lalu langsung semai di polybag tumbuh menjadi bibit pepaya dalam waktu sangat cukup lama yaitu baru bisa tumbuh di persemaian benih selama kurang lebih 30 hari, itupun tumbuhnya tidak serempak. Sangat-sangat lama dan membosankan menanti si hitam manis tumbuh.

  • UJI COBA KE 2

Di pertengahan Tahun 2008 Bulan Agustus menambah tanaman pepaya saya coba lagi memakai cara semai benih bereksperimen dan mengujinya lagi. Benih calon tanaman pepaya direndam air biasa di campur dengan air panas menjadi air hangat, istilah yang sangat populer rendaman “AIR HANGAT KUKU”. biji pepaya direndam selama 24 jam kemudian dibungkus kain koran 3 lembar  kemudian disimpan di ruangan gelap dengan harapan lembab biji pepaya bisa segera menjadi kecambah. Hasilnya waktu yang dihabiskan menanti menjadi kecambah bibit pepaya sekitar 15 hari itupun kecambah tidak serempak. Lumayan ada peningkatan dari uji coba pertama tadi. Dari 30  hari menjadi 15 hari. Hati sudah merasa riang karena lagi semangat-semangatnya menjadi pak tani pepaya.

  • UJI COBA KE 3
Bereksperimen benih pepaya di rendam memakai air hangat sehari semalam kemudian dibungkus memakai kain bersih di letakkan diruangan terbuka. Cara ini sudah saya posting cuplikan kata cara semai benih menjadi bibit pepaya, …  setelah di bungkus dengan kain atau bisa juga kertas koran. taruh di wadah yang bisa menghalangi panas matahari, supaya terjaga kelembabanya. (bisa pakai wadah menggunakan ,,,, selanjutnya baca di Teknik Perkecambahan Benih Pepaya.
Cara lain yang pernah di uji coba di tetangga sebelah :
  • Memakai cara benih direndam sehari semalam kemudian di bungkus kantong plastik di letakkan di ruang suhu 30 derajat hasilnya daya tumbuh di atas 10 hari hingga 17 hari baru riel berkecambah tidak serempak.
  • Memakai media kain tisu atau koran cara semainya sama seperti diatas hasil yang di dapat kecambah pepaya mulai bermunculan pada hari ke 10 namun tidak serempak. Bibit pepaya bisa tumbuh hingga 85 % hingga pada hari ke 15.
  • Memakai  air panas di campur air biasa direndam 48 jam dibungkus kain dan dikubur ditanah hasil; yang di peroleh katanya 7 hari + 48 jam  baru mulai berkecambah. baru di pindah ke troi benih setelah berdaun menjadi bibit sekitar 3 cm kemudian baru dipindah ke polybag. Dipilih bibit pertumbuhan sudah tumbuh serempak, sedangkan yang belum berdaun bibit belum di pindah ke polybag.
Kemudian uji coba yang saya pakai dan saya tuturkan  di blog ini seperti berikut kurang lebihnya :
biji pepaya

Tahap 1
Rendam benih dalam air hangat kuku kemudian diamkan selama 24 jam. Selanjutnya Biji yang terapung tidak dipakai ambil biji yang tenggelam saja.



Tahap 2
Biji  yang tenggelam  (bernas) cucilah air biasa kemudian di bungkus kain bersih 3 lembar lipatan  letakkan di wadah yang bisa tiris sendiri.



Tahap 3
Bungkus rapi letakkan di suhu sekitar 30 derajat atau di tempat yang kena cahaya matahari pagi dan sore saja ( jika pembungkus benih kering, sirami dan harus tiris sendiri ).



Tahap 4
Umur sekitar 9 hari kecambah bermunculan siap tanam di polybag. Sedangkan biji yang belum berkecambah lakukan panduan tahap 2, 3 dan 4.

Cara ini lumayan bagus pada hari ke 9 dihitung dari mulai merendam benih pepaya sudah bisa di semai langsung di polybag.  dan dilakukan pengulangan seperti petunjuk tahap 2, 3 dan 4.
Catatan keterangan di atas.
  • Pada tahapan ke satu kenapa biji yang  terapung  sebaiknya tidak dipakai, jika dipakai bisa tumbuh juga akan tetapi nanti jika di tanam jenis biji tersebut sering mengalami ganngguan pertumbuhan.
  • Keterangan lanjutan tahapan ke 4. Pengulangan makimal 3 kali. Biasanya selisih waktu 2 hari sudah muncul kecambah lagi.
Untuk memulai menanam kecambah yang bisa di masukkan di polybag di pilah-pilah dulu panjang kecambah :
  1. Maksimal  1 cm hingga 0.5 cm urutan pertama di tanam dulu.
  2. 1 mm hingga 4 mm tahapan kedua..
  3. Biji yang sudah pecah dan muncul calon akar (mintip-mintip meletek ngedom  ) saat tepat  mulai masukkan di polybag.
  • Benih pepaya terbaik memulai dimasukkan dipolybag pada no 3 dan no 2. kenapa begitu? sebab jika cambah calon bibit pepaya kepanjangan bisa patah.
  • Kedalaman benaman biji sekitar 1 cm dan ditutup tanah lembut (yang di ayak).
Itu dulu teknik memperkecambah benih pepaya menjadi bibit pepaya di persemaian pada umumnya. Sekarang sudah ada cara cepat dari yang tercepat membuat kecambah. Hanya 7 hingga 10 hari siap tancapkan calon bibit  tanam di polybag.  
Semoga artikel di atas bisa membantu anda khususnya pemula budidaya pepaya. 
info …
Bagi pemula yang bingung mau menanam pepaya apa yang bisa meraup untung beliung silahkan baca disini  Cara memilih berkebun pepaya.
Jika anda belum punya benihnya yang bagus dan benih terbaik silahkan baca di cara pesan benih pepaya
Jika anda tidak mau bersusah payah membuatnya, kami ada layanan membantu menyiapkan bibit pepaya siap tanam.
Garansi 90.9 % 7 hingga 10 hari sudah kecambah dan siap ditanam dipolybag.  Asli 90.9 % alami tanpa perangsang pertumbuhan.  Uji tanam prosentase pepaya sempurna berkisar 70 % betina 30 % jantan 0.01.